Friday, May 11, 2007

Mr. Abdul Djalil Minister Economic, Nigeria

Pada kesempatan ini, kami ingin mengucapkan selamat kepada Al-Zaytun yang mengadakan acara peringatan akbar dan indah ini. Dan saya juga ingin mengucapkan se¬lamat kepada Syaykh Al-Zaytun yang telah memberikan kesempatan yang sangat bagus ini. Dan saya juga me¬manfaatkan kesempatan ini untuk ber¬terima kasih kepada Syaykh Al-Zaytun yang telah menerima anak saya men¬jadi mahasiswa di Universitas Al-Zay¬tun dan ini adalah awal mula hubun¬gan Al-Zaytun dengan Nigeria. Berikut wawancara Tim Al-Zaytun dengan Mr.Abdul Jalil Minister Eco¬nomic, Nigeria.

Bagaimana kesan Mr Abdul Jahl. setelah hadir di Al-Zaytun?
Kami sudah empat kali berkunjung ke AI-Zaytun. Kesan kami bahwa Al¬Zaytun ini merupakan sebuah komplek pendidikan yang sangat indah, lingku ngannya sangat nyaman dan jauh dari polusi. Al¬Zaytun adalah institusi pendidikan yang sangat bagus karena memiliki lahan untuk pendidikan yang cukup luas ditata rapi, fasilitas-fasilitas yang lengkap dan modern, gedung-gedung yang besar dan indah, dan memiliki lahan-lahan pendukung pertanian yang luas. Inilah salah satu yang membuat saya terkesan dan senang dengan Al-Zaytun, di samping ciri khas keung¬gulannya yaitu dengan program-program pendidikan yang sangat comprehensive, jelas, terpadu, dan modern mulai dari elementary school hingga ke universitas yang merupakan ide-ide terobosan baru dii dalam dunia pendidikan.

Pendapat Mr Abdul jalil tentang "boarding school system" yang diterapkan di Al-Zaytun?
Kami sangat setuju, karena dengan adanya "boarding school system" maka dipastikan ada sebuah system pengontrolan yang sangat menyeluruh di dalam berbagai hal. Para pelajar akan dibiasakan untuk mentaati aturan-aturan sejak dini dan itu merupa¬kan sisi yang sangat kita harapkan, agar mereka terbiasa hidup teratur, disiplin, dengan pola hidup yang baik. Para san¬tri juga akan terhindar dari pengaruh akses-akses budaya negatif westernisasi yang tidak baik akibat globalisasi yang sekarang ini sulit dibendung pengaruhnya untuk generasi muda. Dengan adanya boarding school system yang diterapkan di Al-Zaytun menjadi sebuah solusi terutama bagi pendidikan anak saya yang saat ini sedang menuntut ilmu di Fakultas IT Universitas Al¬-Zaytun Indonesia.

Menurut Anda seperti apa figure Syaykh AI-Zaytun, A.S. Panji Gumilang?
Syaykh Panji Gumilang merupa¬kan seorang tokoh yang sangat intelligentclan brilliant. Bayangkan saja, mana ada orang di era-abad 21 inii yang dalam jangka waktu 10 tahun bisa memba¬ngun sebuah komplek pendidikan se¬perti ini. Tidak ada, bahkan sampai 20 tahun pun tidak akan dapat, hanya Syaykh Al-Zaytun yang bisa berbuat seperti ini. Syaykh Panji Gumilang te¬lah memunculkan ide-ide baru di dalam dunia pendidikan kontemporer yang bisa memberikan solusi-solusi inova¬tif menghadapi zaman ini dan masa hadapan, yang kita fahami begitu kom¬pleks dan global.

Kerjasama apa yang bisa dijalin antara Negeria dan Indonesia khususnya AI-Zaytun?
Kita akan terus menjalin kerjasama ini. Sebagai langkah awal saya akan informasikan tentang Al-Zaytun kepada seluruh warga Nigeria, kemudian saya ajak para pelajar Nigeria untuk sekolah di sini. Saya juga akan meng¬hubungi tokoh-tokoh ulama yang sa¬ngat berpengaruh di Nigeria, mengajak mereka menemui Syaykh AI-Zaytun 'dan setelah itu kembali ke sana membawa dan menginformasikan hal-hal positif tentang Al-Zaytun. Yang penting saya akan ajak dulu para pela¬jar Nigeria untuk sekolah di sini seba¬nyak-banyaknya, karena para pelajar di Nigeria itu rata-rata menguasai bidang-¬bidang olahraga. Kami di sana telah membuat kurikulum olahraga yang sangat dini mulai dari tingkat elementary school, kemudian junior high school, senior high school, dan terakhir di tingkat University. Di bidang olahraga kami juga telah menginvestasikan dana yang san¬gat besar. Kami telah menyewa banyak pelatih asing untuk meningkatkan pembinaan olah raga di sana.
(Sumber : Majalah Al-Zaytun – Edisi 44/2006)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home