Friday, May 11, 2007

Mr. Mohamud Olow Barrow, Charge d'Affaires Somalia

Ini pertama kali kami berkunjung ke Al-Zaytun, menurut pandangan saya Al-Zaytun ini merupakan lembaga pendidikan Islam yang modern dan telah disetting untuk menjawab tan¬tangan zaman. Berbagai aspek telah terangkum di Al-Zaytun. Pembangunan jasmani dan rohani telah dijalankan secara terpadu di sini. Saya baru pertama kali melihat pesantren yang ditangani secara terpadu dan modern seperti ini. Ini pesantren paling baik dengan manajemen yang sehat. Berikut wawancara Tim Al-Zaytun dengan H.E. Mr.Mohamud Olow Barrow, d'Affaires Somalia.

Bagaimana pendapat Anda tentang al-Zaytun?
Besar, luas dan benar-benar modern, saya sudah sepuluh tahun tinggal di Indonesia. Saya sudah keliling Indonesia, namun baru pertama kali ini saya menjumpai lembaga pendidi¬kan semodern Al-Zaytun, sistem yang diterapkan di Al-Zaytun benar-benar modern. Saya melihat Indonesia akan lebih maju jika sistem seperti ini diterapkan di seluruh Indonesia, Al-Zaytun merupakan Islamic Modern Production-Karya Modern Islam. Saya mengetahui Al-Zaytun dari televisi dan radio. Saya melihat dengan hal seperti ini siswa-siswa Al-Zaytun bisa belajar mandiri, mereka akan lebih siap kare¬na dibekali berbagai hal, seperti pertanian, peternakan dan lain-lain. Kami mempunyai 15 orang mahasiswa yang sedang belajar di Kalimantan Barat, saya akan informasikan berita ini bila perlu mereka dipindah ke sini.

Al-Zaytun sudah mempunyai jenjang pendidikan mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah sam¬pai Universitas, disini diterapkan pendidikan satu pipa-One pipe Education System atau Nizhomu al Tarbiyyah li Unbubha wahidah, bagaimana pendapat Anda?
Oh itu bagus. Sebuah llembaga pendidikan harus mempunyai pondasi yang kuat dan bersih itu berarti pendidikan berkesinambungan dari A sampai Z. Saya yakin siswa-siswi Al-Zaytun akan lebih siap di luar, mereka tidak akan sekedar lulus, ke¬luar dan hanya mengandalkan dasi.

Tentang peringatan 1 Muharram yang diselenggarakan di Al-Zaytun, bagaimana pendapat Anda?
AI-Zaytun mempunyai menejemen yang sehat dan bagus, yang patut diterapkan di seluruh Indonesia, ibarat sebuah mobil jika mesinnya bagus, bannya juga bagus dan segala sesuatunya bagus, maka is akan sanggup membawa penumpangnya kemana saja.
Bagaimana pendapat Anda tentang pidato Syaykh al-Zaytun?
Beliau merupakan orang yang mempunyai harapan dan cita-cita yang mulia, seorang pemimpin yang harus dicontoh, pemimpin Indonesia kede¬pan harus seperti beliau.
Tentang fenomena penggalangan dana, bagaimana komentar Anda?
Pendidikan harus maju, untuk itu harus ada usaha bersama, peran serta orang tua, dan dana yang berkecukupan, seperti negara-negara di Eropa, mereka bisa maju karena mempunyai kecukupan dana.

Setelah kunjungan ini, apakah Anda melihat adanya kemungki¬nan pemerintah Somalia melaku¬kan kerjasama dengan al-Zaytun dalam bidang pendidikan?
Oh ya pasti. Setelah ini saya akan membuat laporan, bahwa Al-Zaytun merupakan sebuah 'karya modern Islam.' Lembaga pendidikan seharusnya modern seperti ini, saya akan menginformasikan ini dan berusaha membawa pelajar-pelajar Somalia untuk bisa belajar di sini.

Ada saran atau pesan yang in-gin Anda sampaikan untuk al-Zaytun?
Saran saya apa yang saat ini diterapkan di al-Zaytun harus terus ditingkatkan, ditambah dan dikembangkan. (Sumber : Majalah Al-Zaytun – Edisi 44/2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home